Cikalpedia
Nasional

Menanam Nilai Menumbuhkan Karakter: Pendidikan Berbasis Pancasila di Sekolah

Siska Rahmalia; Mahasiswi UNISA Kuningan

Penelitian oleh Kartika & Wulandari (2023) menunjukkan bahwa siswa yang mengikuti pembelajaran berbasis Pancasila secara konsisten cenderung memiliki empati sosial yang tinggi, mampu bekerja sama, dan menunjukkan sikap toleransi dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini menunjukkan bahwa internalisasi nilai-nilai Pancasila tidak terbatas pada aspek kognitif di dalam kelas, melainkan telah diwujudkan dalam sikap dan perilaku peserta didik secara nyata.

Kendati demikian, berbagai tantangan tetap hadir, seperti dinamika sosial yang cepat berubah, kuatnya pengaruh budaya di seluruh dunia, serta kurangnya literasi tingkat lanjut yang bijak, yang berpotensi menggerus nilai-nilai luhur tersebut jika tidak diantisipasi dengan tepat.  Oleh karena itu, sinergi antara guru, orang tua, dan masyarakat sangat penting untuk menciptakan lingkungan pendidikan yang kondusif serta mampu menanamkan nilai-nilai tersebut sercara konsisten. Sebagaimana ditegaskan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (2022), pendidikan karakter bukan hanya tugas sekolah, tetapi tanggung jawab bersama.

Melalui pendidikan karakter berbasis Pancasila, sekolah tidak hanya mencetak lulusan berprestasi, tetapi juga pribadi-pribadi yang siap menjadi pemimpin masa depan yang berintegritas. Inilah saatnya kita semua bergerak bersama, menanam nilai, dan menumbuhkan karakter demi Indonesia yang lebih bermartabat dan berkeadaban.

Penulis: Siska Rahmalia; Mahasiswa Universitas Islam Al-Ihya Kuningan

Related posts

Ketua Bawaslu Kuningan Diadukan ke DKPP

Cikal

Bupati Kuningan Ungkap Beban Soal Sekda: Ibarat Istri, Harus Kompak

Alvaro

Masjid Kuno Bondan: Jejak Legenda, Cinta, dan Dakwah di Tepi Cimanuk

Cikal

1 comment

Ceng Pandi 26/05/2025 at 13:10

tulisannya menginspirasi dan menambah gagasan

Reply

Leave a Comment